Pesona Tanjung Palette. -->

close
Klik 2x untuk menutup(x)
Selamat Datang Daeng Kajang di Kota Makassar

Pesona Tanjung Palette.


Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kabupaten Bone, tidak berkunjung ke kawasan wisata Tanjung Palette. Kawasan wisata ini berada di Keluarahan Palette, Kecamatan Tanete Riattang Timur.

Menuju ke lokasi Tanjung Palette yang berada pesisir Teluk Bone ini, jika dari Ibukota Kabupaten Bone, Watampone, hanya berjarak sekira 12 km. Di kawasan ini, tidak seperti kawasan pantai pada umumnya yang memiliki hampasan pasir pantai. Tetapi, kawasan pantai di Palette, dipenuhi karang, yang tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Selain itu, deburan ombak yang silih berganti dan hempusan angin pantai, dan pemandangan alam sekitarnya dapat dinikmati pengunjung di lokasi ini. Pegunjung pun yang datang di lokasi ini, tak hanya dari warga Kabupaten Bone saja, akan tetapi warga dari Kabupaten lainnya di Sulsel, seperti dari Kabupaten Sinjai, Wajo, Soppeng, Maros, bahkan dari Kota Makassar.


Kawasan ini tak pernah sepi dari pengunjung, apalagi di akhir pekan. Namun, pengunjung membludak saat liburan sekolah maupun libur hari raya keagamaan. Di Tanjung Palette pun dilengkapi sejumlah fasilitas penginapan baik berupa wisma maupun hotel, serta berbagai fasilitas lainnya.


Salah seorang warga Watampone, Syamsul Alam, mengatakan, Tanjung Palette memiliki pesona keindahan alamnya, sehingga para pengunjung dipastikan akan kembali lagi ke lokasi wisata ini, jika sudah berkunjung. Pengunjung, kata dia, sudah ramai di akhir pekan. Bahkan, sejumlah pengunjung pun bermalam di lokasi ini di beberapa penginapan di Tanjung Palette.

Dia mengatakan, selain keindahan alam yang dapat dinikmati, pengunjung juga dapat melihat secara langsung aktivitas warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan dan petani rumput laut.


Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, A Suarni mengatakan, Tanjung Palette menjadi salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Bone,  yang banyak berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah.Menurutnya, untuk meningkatkan pengunjung di kawasan ini, sejumlah fasilitas bagi pengunjung pun dihadirkan di Tanjung Palette, seperti penginapan,  kolam renang, dan kafe.