Kepala Bagian Pemerintah Desa (Pemdes) Pemkab Bone, Andi Abubakar -->

close
Klik 2x untuk menutup(x)
Selamat Datang Daeng Kajang di Kota Makassar

Kepala Bagian Pemerintah Desa (Pemdes) Pemkab Bone, Andi Abubakar

Andi Abubakar, Lakukan Pembenahan Pemerintahan Desa

Bercita-cita agar pemerintah desa di Kabupaten Bone menjadi lebih profesional merupakan salah satu keinginan Kepala Bagian Pemerintah Desa (Pemdes) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Bone, Andi Abubakar, SIP, M.Si.


                           ****
Pria kelahiran Bone, 12 Juni 1976 ini, mengatakan, pemerintah desa merupakan ujung tombak atau garis terdepan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, aparatur pemerintah di tingkat desa perlu banyak dilakukan pembenahan dalam menuju keprofesionalitasnya.

Kandidat Doktor Administrasi Publik Universitas Negeri Makassar (UNM) ini menjelaskan,  salah satu langkah dalam meningkatkan keprofesionalitas aparatur pemerintah desa dengan memberikan pemahaman terkait pemerintaha desa itu sendiri.

Salah satunya,  kata alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) tahun 1998 ini, dengan menggelar bimbingan teknis (bintek) terkait perencanaan, pengusulan, pelaksanaan, serta pelaporan  anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) kepada para Sekretaris Desa (Sekdes).

Sekdes, kata Andi Abubakar, memiliki peranan yang staregis dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) , kemudian mengajukan dan membahas bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di tingkat desa.

Menurut Suami Andi Raodhayanti ini, untuk pencairan ADD  sesuai.  dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) maka pencairannya  hanya memakan waktu 9 hari jika sudah memenuhi persyaratan untuk pencairannya, dan  untuk ADD pada 2013 ini  menggunakan sistem proporsional.

Sistem proporsional, kata alumni S1 dan S2 Fisip unhas ini, di mana sejumlah variabel menjadi perhitungan dalam penganggaran ADD, misalnya perhitungan luas, maupun jarak dari desa ke kecamatan. "Sejumlah variabel dalam menentukan anggarannya salah satunya adalah kondisi geografis desa itu sendiri,"ujar dia.
Pemerintahan Desa.